Katalog Toga Indonesia

Beragam Manfaat Kesehatan dari Tanaman Obat Keluarga Indonesia

Saturday, August 16, 2014

Bawang Dayak - Bawang Sabrang - Bawang Arab

Nama Ilmiah: Eleutherine americana Merr.

Family: Liliaceae


Deskripsi Bawang Dayak:

Tumbuhan herbal bawang dayak ini memiliki kenampakan yang sangat mirip bawang merah, namun lebih kurus. Umbi brambang sabrang (sebutan di Jawa) berbentuk bulat telur memanjang, berwarna merah, tidak berbau serta berasa pahit.

Umbi tanaman TOGA ini berlapis, terdiri dari 5-6 lapisan dengan panjang umbi 4-5 cm dan diameter 1-3 cm.

Bawang ini banyak terdapat pada lahan yang kaya akan belerang pada ketinggian 600–2000 meter dari permukaan laut. Bentuk dan warnanya mirip seperti bawang merah lanang, berwarna merah dengan tubuh agak memanjang.

Daun dari tanaman apotik hidup yang satu ini memiliki bentuk menyerupai pita sepanjang 15–20 cm dengan lebar 3– 5cm. Tulang daun yang sejajar mirip seperti tumbuhan palem. Bunganya berwarna putih dan tumbuh di ujung batang dengan daun mahkota sebanyak 4 buah serta kelopak sebayak 2 buah berwarna hijau kekuningan.

Hasil analisis mikroskopik dari sampel serbuk umbi tanaman TOGA bawang dayak ini dijumpai terdapat kristal Ca-oksalat, parenkim, xylem dengan penebalan dinding sel berupa tangga (skalariform) dan butir amilum 

Manfaat Bawang Dayak

Umbi beerkhasiat sebagai obat sembelit, peluruh air seni, urus-urus dan perangsang muntah.

Sejak lama bawang dayak dimanfaatkan penduduk lokal sebagai obat aneka penyakit, radang usus, disentri, luka, bisul,  muntah, hingga penyakit kuning

Sedangkan daunnya digunakan sebagai minuman ibu setelah melahirkan.

Keep Healthy and Have a Nice Day!

 
Back To Top