Katalog Toga Indonesia

Beragam Manfaat Kesehatan dari Tanaman Obat Keluarga Indonesia

Friday, August 15, 2014

Tanaman Andong dan Kegunaanya untuk Kesehatan

Nama Ilmiah: Cordyline fruticosa (L) A. Cheval.


Family: Agavaceae (Liliaceae)

Deskripsi Andong:


Andong merupakan salah satu tanaman Toga yang paling mudah di jumpai. Namun sebagian besar orang tidak mengenali Andong sebagai TOGA, banyak orang yang mengira andong sebagai pagar taman.

Tanaman TOGA ini memilik perdu bercabang; tinggi 2-4 m. Ranting dengan bekas daun rontok  yang berbentuk  cincin.

Salah satu tanaman apotik hidup ini memiliki tangkai  berbentuk  talang, dengan helaian  daun  bentuk  garis  atau  lanset,  20-60  kali  1-13  cm,  dengan  pangkal  yang  berbentuk  baji  dan  ujung  runcing,  hijau  atau  merah. Daun  pada  ujung  ranting  berjejal  dengan  susunan spiral.

Tanaman TOGA ini memiliki bunga di ketiak daun, bertangkai panjang, bercabang melebar, dengan daun pelindung  yang besar pada pangkal cabang. Anak daun pelindung pada pangkal bunga  kecil.

Daun  tenda  bunga  tanaman andong berjumlah 6,  memanjang,  dengan panjang  1,3-3 cm di bagian  luar  pada  bagian  separo  bawah melekat,  erat  dengan  yang  di  dalam,  bagian  yang  teratas  lepas  dan  melengkung  kebelakang kembali. Benang sari 6, tertancap pada tenda bunga.

Kepala putik pada bunga andong berbentuk pendek 3 taju. Buah buni ± bentuk bola, merah mengkilat. Biji hitam mengkilat. Dari Asia Timur. Di kebun dan pagar, di kuburan; 1-1.900 m.

Ketika di gunakan dalam pengobatan, bagian tanaman Andong yang digunakan alah pada bagian daun.


Manfaat Medis Tanaman Andong


Tanaman Andong berkhasiat untuk batuk darah, disentri, haid terlalu banyak, wasir berdarah dan lain-lain

Keep Healthy and Have a Nice Day!

 
Back To Top