Katalog Toga Indonesia

Beragam Manfaat Kesehatan dari Tanaman Obat Keluarga Indonesia

Wednesday, August 13, 2014

TOGA Indonesia Bangun-Bangun

Bangun-Bangun

Bangun-bangun merupakan tanaman obat keluarga di Indonesia yang telah dimanfaatkan sejak dahulu. Tanaman ini tersebar merata di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Di Indonesia, setiap daerah memiliki caranya masing-masing dalam menkonsumsi tanaman ini.

Tata Nama Ilmiah

Nama ilmiah: Coleus amboinicus/ Coleus comocus Hassk
Famili: Lamiaceae

Deskripsi:

Tanaman Bangun-bangun (Coleus amboinicus Lour) dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan nama yang berbeda-beda.

Di daerah Sumatera Utara, tanaman ini dikenal dengan nama Bangun-bangun atau Torbangun. Sedangkan di daerah Sunda, daun bangun bangun dikenal dengan nama Ajeran atau Acerang, di daerah Jawa dikenal dengan nama daun Kucing, di Madura daun Kambing, dan Majha Nereng.

Di daerah Bali dikenal dengan nama Iwak dan di daerah timur Indonesia dikenal dengan nama Kunu Etu.

Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah Sumatra Utara dan dijadikan panganan pendamping nasi, misalnya sebagai sayuran.

Penelitian yang dilakukan oleh Sihombing (2006) yang memberikan daun bangun-bangun pada tikus telah membuktikan bahwa tumbuhan tersebut mengandung zat besi dan karotenoid yang tinggi.

Kadar FeSO4 pada daun bangun-bangun (Coleus amboinicus) dapat di andalkan sebagai sumber zat besi non heme bagi ibu menyusui.

Daun bangun-bangun memiliki ciri-ciri bertulang lunak, beruas-ruas, melingkar, dengan diameter sekitar 15 mm, bagian tengah dan ujungnya sekitar 10 mm ± 5 mm, dapat berkembang- biak dengan mudah.

Daun yang masih segar berukuran tebal, berwarna hijau tua, dan kedua permukaan daun licin.
 
Daun bangun-bangun (Coleus amboinicus) merupakan tumbuhan yang banyak dikonsumsi oleh ibu-ibu setelah melahirkan di daerah Toba, Sumatera Utara.

Manfaat

Daun digunakan sebagai obat demam, diuretik, bengkak, nyeri, nyeri lambung, rematik, diaforetik. Sedangkan batangnya dapat mengatasi demam dan radang selaput lender. Tumbuhan ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

Tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai antipiretik, analgetik, obat luka, obat batuk, dan sariawan.

Minyak atsiri dari daun Bangun-bangun selain sebagai antiseptik ternyata mempunyai aktivitas yang tinggi melawan infeksi cacing. Disamping minyak atsiri, daun Bangun-bangun juga mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol.

Keep Healthy and Have a Nice Day!

 
Back To Top